Manfaat Lavender Untuk Kesehatan

Manfaat Lavender Untuk Kesehatan
===================================







Lavender merupakan salah satu tanaman yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan merupakan tanaman  herbal yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Minyak lavender menjadi salah satu bagian dari tanaman ini yang banyak dipergunakan untuk hal pengobatan. Di Indonesia, minyak lavender dikenal luas sebagai bahan aromaterapi karena memiliki aroma yang khas dan berefek penenang.




Selain itu, minyak lavender juga banyak digunakan sebagai minyak rambut sehat. Telah lama dikenal ampuh menjaga kesehatan rambut, minyak lavender menjadi salah satu minyak yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Tidak hanya, itu masih banyak manfaat minyak lavender yang perlu Anda tahu. Berikut adalah beberapa khasiat dan manfaat minyak lavender untuk kesehatan tubuh.
1. Ampuh Atasi Mual-Mual

Mual merupakan gangguan yang terjadi pada system pencernaan tubuh manusia. Mual dapat terjadi oleh banyak akibat, seperti misalnya factor luar mencium tak sedap atau factor dalam karena keracunan makanan. Dalam kasus khusus, mual juga menjadi salah satu gejala penyakit atau respon wajar tubuh. Dalam mengatasi mual, Anda dapat menggunakan minyak lavender dengan cara mengoleskan pada ujung hidung Anda dan pusar.
2. Mengobati Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah dapat berakibat buruk untuk kesehatan. Selain itu, penampilan Anda juga ikut terganggu. Penyebab bibir pecah-pecah cukup banyak, umum terjadi karena kurangnya asupan vitamin C atau karena terbakar matahari. Dalam mengatasi masalah bibir yang pecah, Anda dapat menggunakan minyak tanaman lavender sebagai obat. Caranya cukup mudah, oleskan saja pada bibir pecah Anda.
3. Sebagai Obat Ruam

Ruam adalah salah satu penyakit yang terjadi pada kulit dan jika dibiarkan saja, maka akan mengakibatkan masalah yang lebih serius. Gejala ruam adalah gatal-gatal dan seperti terbakar. Manfaat minyak lavender sangat ampuh mengatasi masalah kulit seperti ruam, cukup oleskan pada kulit yang ruam dan rasakan sendiri khasiatnya dalam beberapa hari.
4. Mengatasi Pendarahan Pada Hidung

Pendarahan pada hidung atau bisa disebut mimisan dapat diobati menggunakan minyak tanaman lavender ini. Caranya adalah dengan teteskan beberapa tetes pada kain yang didalamnya terbungkus es batu kemudian ditempelkan pada hidung sampai pendarahan terhenti.
5. Mengatasi Insomnia

Susah tidur atau dikenal luas sebagai insomnia adalah masalah yang terjadi pada seseorang dimana penderita akan susah tidur karenanya. Untuk mengatasi hal ini ada banyak cara, salah satu yang paling ampuh adalah menggunakan minyak lavender yang ampuh mengatasi insomnia. Manfaat minyak lavender dapat membantu system syaraf Anda lebih tenang sehingga membuat Anda mudah untuk tidur. Selain itu, bagi Anda yang tidak menderita penyakit insomnia juga bisa memakainya karena dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.
6. Ampuh Atasi Sakit Kepala

Sakit kepala menjadi salah satu gangguan yang umum pernah dirasakan semua orang. Istirahat pun susah karena tak tahan dengan sakitnya, Atasi lah menggunakan minyak lavender yang terbukti bisa dalam mengatasi sakit kepala. Cukup mengoleskan pada plipis, belakang leher, jidat dan juga bisa pada bagian bahu. Lakukan pijatan lembut agar khasiatnya lebih terasa.
7. Mengatasi Eksim serta Dermatitis

Dalam mengatasi penyakit eksim dan dermatitis. Anda dapat menggunakan minyak lavender yang ampuh atasi masalah dua penyakit tersebut. Lakukan dengan cara dioles pada kulit yang bermasalah.
8. Merelaksasi Tubuh

Tubuh yang rileks sangat diperlukan demi menjaga agar tubuh tetap dalam kondisi prima. Untuk itu, manfaat minyak lavender selanjutnya adalah ampuh membuat tubuh menjadi rileks dan membantu menghilangkan rasa lelah. Anda dapat menerapkannya dengan cara mencampurkan pada air bak mandi Anda atau melakukan pijatan disaat Anda merasa lelah.
9. Sebagai Obat Luka Bakar

Luka Bakar yang tidak diatasi secara cepat dan tepat dapat mengakibatkan masalah yang serius seperti infeksi dan lainnya. Lakukan pengobatan dengan cara mengoleskan minyak tanaman lavender pada kulit yang terkenal luka bakar tersebut. Ampuh dalam mengatasi kulit terbakar ringan. Dalam mengatasi luka bakar berat, butuh pengobatan tambahan dan lebih baik ditangani dokter.
10. Sebagai Aromaterapi

Aromaterapi merupakan proses penyembuhan menggunakan aroma sebagai bahan herbal utama. Minyak esensial lavender memang dikenal sejak dulu ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit menggunakan aroma sehatnya itu. Sekarang ini, cukup banyak penyelenggaraan aromaterapi menggunakan minyak lavender.

Komentar